2/13/2014

INTEPRETER MANDARIN DI PT DOWA THERMOTECH FURNACE KARAWANG



Di awal Februari 2014, Agensi kami, Lippotranslator kembali mendapat tawaran untuk melakukan pekerjaan penerjemah lisan (Intepreter) untuk bahasa Mandarin – Indonesia.
Awalnya calon klien kami (PT Dowa Thermotech Furnace) yang berdomisili di kawasan industry Surya Cipta Karawang, Banten mengetahui keberadaan Lippotranslator setelah melakukan pencarian di dunia maya.
Salah satu staff PT Dowa, menghubungi kami untuk meminta bantuan kami untuk menyediakan jasa interpreter sehubungan dengan adanya pekerjaan instalasi mesin-mesin pabrik yang baru dibeli dari Cina.  Adapun mesin-mesin tersebut sebenarnya tidak diperuntukkan bagi PT Dowa sendiri, melainkan kepada kliennya, PT Ayoma yang juga berdomisili di daerah Karawang.  Sebagai bentuk pelayanan kepada klien berupa purna jual, maka PT Dowa merasa berkewajiban untuk sekaligus menyediakan tenaga interpreter disamping kepala teknisi pemasangan mesin yang langsung didatangkan dari Cina.
Berhubung kepala teknisi tersebut tidak dapat berbahasa Indonesia dengan baik, maka kehadiran seorang interpreter mandarin – Indonesia sangat lah dibutuhkan.
Untuk itu setelah penawaran (quotation) kami sampaikan kepada PT Dowa dan setelah disetujui oleh staff terkait, maka kami menugaskan seorang interpreter yang telah berpengalaman dalam melakukan pekerjaannya, karena beliau juga sering diundang ke negara tirai bamboo tersebut untuk membantu pekerjaan interpreter.
Pekerjaan interpreter sesuai dengan kontrak kami dengan PT Dowa dilakukan selama satu bulan ( 20 hari kerja, untuk hari sabtu dan minggu dihitung lembur/overtime).  Pekerjaan tersebut dimulai pada tanggal 7 Februari dan akan berakhir pada tanggal 7 Maret 2014.
Sehubungan dengan banyaknya muatan (container) yang diturunkan, maka sebagian besar pekerjaan dilakukan di lapangan.   Tenaga interpreter kami senantiasa mendampingi kepala teknisi dari Cina yang selalu memberikan penjelasan dan instruksi mengenai tahapan-tahapan dalam bongkar buat, penentuan lokasi mesin hingga pemasangan sampai dengan pengoperasiannya.  Untuk itu tentu saja dibutuhkan kualitas fisik prima disamping keahlian interpreter dalam menjalankan pekerjaan di pabrik tersebut.  Sampai saat ini pekerjaan interpreter yang telah kami jalankan telah berjalan satu minggu dan harapan kami pekerjaan tersebut dapat kami jalankan dengan sebaik mungkin.